Saturday, November 15, 2008

Semua Pasti Ada Hikmahnya

Membaca judul buku ini sepertinya kita akan dibawa oleh penulis untuk mendalami berbagai hal berkaitan dengan suatu musibah, mengapa musibah datang, kepada siapa musibah akan menimpa, bagaimana mencegahnya atau menghadapinya. Demikian boleh jadi seseorang akan membeli buku ini karena hal demikian.

Namun sayangnya, judul buku ini sama sekali tidak mencerminkan isi buku. Syekh al-Bilali menulis buku ini berdasarkan pengalaman beliau dengan melihat kondisi umat yang terjadi saat ini. Sebenarnya judul aslinya Ta`ammulat Ba`da al-Fajr lebih tepat dibandingkan judul buku setelah terjemahannya.

Salah satu nikmat yang dikaruniakanoleh Allah SWT melalui malaikat-malaikatnya pada waktu pagi adalah buah pikiran dan ide-ide. Karena kondisi manusia saat pagi hari, hati dan pikiran, masih jernih. Syekh al-Bilali menulis buah pikirannya berdasarkan pengalaman dan kedalaman ilmunya tidak saja mengenai musibah, melainkan juga masalah politik, dakwah, adab, psikologi, akhlak, dan persoalan-persoalan lainnnya yang dalam penulisan ini tidak tersusun secara sistimatis. Penjelasan dan pembahasan suatu persoalan di dalam buku ini pun tidak menyeluruh. Beliau menulis buah pikirannya setelah selesai sholat subuh.

Yang jelas buku ini merupakan hasil perenungan yang dalam oleh syekh al-Bilali tentang persoalan-persoalan yang dihadapi olehnya dan umat Islam. Beliau mencoba mencari solusi dalam memecahkan suatu hal. Ditulis dengan bahasa yang sederhana namun mampu menyentuh hati pembaca. Sebagai contoh salah satu tulisan beliau di halaman 23 dengan judul "17 kali Menipu Allah dalam Sehari", membahas bagaimana banyak umat Islam yang sholat 17 rakaat sehari dan membaca surat al-Fatihah yang berisi sebuah pernyataan dimana orang yang sholat akan selalu menyembah dan meminta pertolongan kepada Allah. Namun kenyataanya apa? Silahkan melihat di sekeliling kita. (am)

No comments: