Saturday, November 15, 2008

Ikhlas Sumber Kekuatan Islam

Yakinkah anda, apakah amal ibadah sepanjang usia anda, termasuk sholat, puasa, zakat, dan haji, serta amal ibadah muamalah lain akan diterima oleh Allah Ta'ala? Dari mana anda berkeyakinan kuat bila amal saleh akan diterima oleh-Nya?

Setiap manusia yang beriman kepada Allah dan hari kiamat tentu ingin amal ibadahnya dapat diterima oleh Allah. Namun siapa akan menyangka, bahwa tidak semua amal ibadah manusia diterima.

Kita sering melihat di layar kaca beberapa pejabat, aktris, anggota dewan, dan lain-lain beramal saleh dengan membagi-bagikan sembako. Seseorang yang mengaku punya dan merawat anak-anak yatim di rumahnya. Menyumbang berpuluh-puluh juta untuk kemanusian dan ia ceritakan kepada wartawan. Apakah cara ini dibolehkan? menceritakan amalan-amalannya kepada wartawan atau mengundang juru kamera setiap kali akan membagikn sembako?

Syekh Yusuf Qardhawi menjelaskan bahwa perbuatan amal saleh akan diterima Allah bila memenuhi dua rukun. Pertama, amal perbuatan itu harus didasari keikhlasan dan niat yang murni. Kedua amal perbuatan itu harus sesuai dengan sunnah Nabi Saw serta Syariat Islam. (hal. 21)

Contoh amal yang tidak diterima Allah antara lain membangun masjid dengan tujuan yang rusak dan berjihad bukan karena Allah semata. Selain itu, keikhlasan punya tanda-tanda yang harus diperhatikan, misalnya takut akan popularitas, mengakui kekurangan diri, cenderung menyembunyikan amal kebajikan, mengutamakan keridho'an allah daripada keridho'an manusia, dan lain-lain.

Perbuatan yang benar-benar dilandasi keikhlasan, berbuat hanya karena Allah saja, akan menikmati hasilnya. buah dari keikhlasan akan tampak pada diri orang-orang yang ikhlas, Orang-orang yang ikhlas akan memiliki ketenangan dan kekuatan jiwa. Berjalan pada rel yang lurus karena semua ibadahnya mencontoh Nabi saw.

Walaupun buku ini kecil (baca: buku saku) namun cukup jelas menerangkan makna ikhlas yang semestinya sudah dipahami oleh orang-orang beriman. Buku ini juga menuntun kita untuk beramal hanya karena Allah dan menjauhi sikap riya. kata ikhlas mudah diucapkan, tetapi sukar dilakuka.

Semoga kita semua mampu berbuat ikhlas..
(am)

No comments: