Saturday, November 15, 2008

Gizi Hati


"Pertempuran antara pasukan malaikat dan setan selamanya akan terjadi di dalam hati, hingga hati dimenangkan oleh salah satunya, lalu ia menempatinya. Penguasaan setan terhadap hati adalah sebuah perampasan." kata Dr. Ahmad Farid di halaman 29.

Di dalam kitab Al-Bukhari dan juga Muslim disebutkan bahwa Rasulullah bersabda:
"Ketahuilah, bahwa di dalam jasad manusia terdapat segumpal daging. Jika ia baik maka baik pula seluruh jasadnya, dan jika ia rusak maka rusak pula seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu ialah hati."

Hati sangatlah penting untuk menjaga manusia dari menjauhnya ia dari jalan Allah dan Sunnah Rasul-Nya. Teringat dalam dakwah tentang hati ini, begitu banyak ulama menjelaskannya dari Aa Gymnastiar dengan Manajemen Qalbu hingga Mas Dhanu yang setiap Minggu pagi muncul di TPI dengan Bengkel Hati-nya, statemennya adalah bahwa penyakit muncul dari perbuatan dosa. Namun ternyata dosa-dosa itu - seperti jengkel, marah, merendahkan orang, culas - ujung-ujungnya kembali ke Hati jua.

Hati sangatlah penting, sehingga Syekh Ahmad Farid perlu menulisnya dalam buku ini. Padahal seperti kita ketahui telah banyak buku karya ulama-ulama Islam lainnya yang membeberkan masalah hati ini. Bedanya, Syekh Ahmad Farid mencoba hanya bereferensi kepada hadist-hadist yang shahih dan menghindari "mengobati" hati yang sakit dengan hadist dha'if maupun maudhu.

Membaca buku ini kita akan mendapatkan gambaran tentang hati yang sakit dan sekaligus hati yang sehat serta bagaimana menjaga hati agar selalu sehat. Seperti tubuh kita yang memerlukan gizi untuk membangunnya menjadi lebih sehat, hati juga memerlukan asupan gizi berupa Al-Quran dan Sunnah Rasul SAW.

Tidak berhenti di situ saja, buku ini memberikan kita pengetahuan seputar bagaimana hubungan doa dan shalat tahajud terhadap hati. Banyak manusia yang rajin berzikir, berdoa, dan shalat tahajud namun hatinya belum masuk ke dalam kriteria hati yang sehat. Mengapa? Buku ini menjelaskannya dengan baik. (am)

No comments: